Tips Mencegah Ponsel Rusak Setelah Terkena Air

Tips Mencegah Ponsel Rusak Setelah Terkena Air Android-Anyar.com – Smartphone Anda habis terkena Air ?? Maka kalau sampai smartphone anda terkena air, maka silakan lakukan secepatnya penanganan yang cepat dan benar, karena kalau tidak maka ponsel pintar anda bisa saja mati total, Namun beda hal nya kalau ponsel anda sudah anti air, maka anda tidak perlu lagi terburu-buru melakukan penanganan.

Memang tidak mudah menyelamatkan Smartphone yang sudah masuk kedalam Air, karena bisa saja ponsel tersebut sudah terkena air sampai kedalam mesin nya, kalau saja itu terjadi, maka bisa saja ponsel yang terkena air tersebut bisa mengalami kerusakan yang parah, atau bisa saja anda harus mengganti mesin dari ponsel tersebut.

Jika yang masuk ke dalam Air tersebut, ponsel yang biasa-biasa saja seperti Android yang bukan memiliki ketahanan di dalam air, maka akan terjadi 3 kemungkinan yang bisa terjadi para ponsel yang terkena Air tersebut.

  • Mati Total
  • Bisa saja nyala, namun tidak normal
  • Bisa terjadi Blank berwarna putih

Jika memang seperti itu, maka biaya yang akan anda keluarkan pun , mungkin bisa besar, karena ponsel tersebut sudah menglami kerusakan yang serius.

Maka dari itu kalau saja HP teman-teman terkena air hujan atau tanpa sengaja terkena air, harus secepatnya di tangani ya???.

Tips Mencegah Ponsel Rusak Setelah Terkena Air

Berikut beberapa cara agar Hp sobat bisa di atasi dengan cepat apabila terkena air.

Tips Mencegah Ponsel Rusak Setelah terkena Air

Segala yang terjadi apabila ponsel anda terkena Air, tergantung berapa lama ponsel anda terkena Air, karena tentu saja jika semakin lama ponsel anda terkena air, maka akan semakin parah dampak yang akan di alami.

Mulai dari CPU, RAM dan yang lain nya akan mengalami kerusakan, Namun kalau saja kerusakan ringan terjadi, mungkin hanya Speaker saja yang bermasalah.

Saya sempat menemukan ponsel terkena air, dan ponsel itu milik adik saya, dan ternyata ketiga komponen di atas sudah terkena masalah setelah terkena air, tentu saja ini menjadi hal yang serius, karena adik saya harus menggantinya, maka biaya yang di keluarkan pun sangat banyak.

Untuk Anda yang mengalami masalah saat ponsel terkena Air, silakan lakukan langkah sigap berikut ini.

1. Cepat Lepaskan Baterai, SimCard, MicroSD

Hal ini yang perlu anda lakukan ketika anda sedang mengalami masalah terkena air, jangan menyalakan Ponsel anda saat keadaan basah, karena ini akan menjadi sangat fatal.

2. Buka dalaman Ponsel Anda

Mungkin ini akan terbilang langkah yang cukup sulit dilakukan, karena anda harus membuka bagian mana saja yang terkena Air.

Silakan anda membuka nya dengan Obeng yang khusus untuk baut ponsel anda, karena kalau saja anda salah menggunakan Obeng, maka kemungkinan besar, baut nya atau Mur nya, tidak akan terbuka , Namun malah akan rusak dan sulit untuk membuka nya.

Kalau memang ponsel anda terkena Air hingga ke seluruhan bagian, maka usahakan membuka nya semua nya, hingga bagian yang kecil sekaligus.

3. Lihat LCD Ponsel Anda

Ini juga hal yang tidak kalah penting , biasa nya LCD ponsel pintar sangat sensitif terhadap Air, kalau memang anda sudah membuka semua ponsel anda, silakan anda fokus terlebih dahulu menuju ke bagian LCD.

4 Lakukan Pengeringan

Setelah semua bisa anda jamah, silakan anda melakukan pengeringan terhadap ponsel pintar yang sudah anda bongkar tersebut, dengan menggunakan Tisu halus, yang bisa menyerap air, atau boleh juga menggunakan Vakum, yang biasa di gunakan untuk mengeringkan atau menyedot debu.

Jangan sekali-kali anda menggunakan kipas, atau pengering yang bersifat meniup, karena bisa saja nanti air yang masih ada akan terdorong masuk ke dalam mesin, dan akan mengakibatkan lebih parah nya kerusakan.

Untuk masalah baterai anda yang juga terkena Air, anda bisa melakukan hal sederhana, silakan anda jemur baterai anda di bawah sinar matahari, maka air yang terdapat dalam baterai tersebut akan terserap oleh sang matahari.

Tips Mencegah Ponsel Rusak Setelah Terkena Air

Setelah anda selasai melakukan beberapa hal di atas, kini anda masuk ke tahap yang lumayan terbilang mudah, siapkan beras, pasti anda bingung kan?? saya akan memberikan penjelasan sedikit mengenai hal ini, beras merupakan tanaman yang bisa menyerap air, kalau saja anda memiliki barang apapun yang terkena air, silakana anda letakan di tengah-tengah beras, maka air pun akan terserap oleh beras tersebut.

  • Hal yang perlu anda lakukan adalah, silakan anda meletakan beras, kedalam baskom penuh, lalu silakan anda melatakan semua komponen ponsel anda yang terkena Air .
  • Silakan anda diamkan di dalam beras tersebut, kurang lebih 1-2 hari saja.
  • Memasang Ponsel kembali seperti semula
  • Setelah semua selesai, silakan anda melakukan perakitan kembali ponsel anda yang sudah anda lepas, seperti hal yang kita bahas di atas tersebut.

Hal ini bisa anda lakukan sendiri dirumah, dan tentu saja tanpa harus mengeluarkan biaya tambahan lagi, jangan terburu-buru membawa ponsel anda ke Konter HP atau tempat servis, karena pasti kalau anda membawanya sudah pasti akan terkena biaya.

Lihat Juga:

Lebih baik di kerjakan dulu sendiri, jika memang hal yang anda kerjakan masih tidak membuahkan hasil, maka silakan anda pergi ke tampat servis ponsel. Semoga Bermanfaat ya.