Mengenal Apa itu Android Yang Belum Banyak Dikenal

Mengenal Apa itu Android Yang Belum Banyak Dikenal via Android-Anyar.com – Apa sih android? apa saja yang bisa pakai android? Siapa pencipta android? Bagaimana cara install android? Berapa harga android? Kapan android dibuat? Ada berapa versi android?

Mengenal Apa itu Android Yang Belum Banyak Dikenal

Filosofi dari Sebuah Logo Android

Telah kita ketahui bersama bahwa logo android memiliki bentuk unik dan lucu. Ya, robot hijau dengan bentuk kecil agak bulat itu sejak pertama kali android diperkenalkan sudah digunakan sebagai logo resminya. Logo ini muncul pada tahun 2007 dan dibuat oleh seorang desainer grafis yang bernama Irina Blok. Irina Blok yang bekerja di dalam perusahaan besar yaitu Google membuat sebuah logo dengan beberapa filosofi yang digambarkan di sana. Memang sudah menjadi suatu kewajiban untuk para desainer membuat logo sederhana tapi sarat akan makna. Dari berbagai bentuk logo itu, akan menggambarkan perjalanan dan tekad mereka dalam mengembangkan bisnis tersebut.

Makna dari Logo Android

Logo android pada awal kemunculannya membuat heboh di berbagai kalangan. Pasalnya Google diklaim telah meniru desain dalam permainan game berjudu; Gauntlet: The Third Encounter. Game yang dibuat oleh perusahaan game bernama Epyx ini memang tidak menuai kesuksesan dalam perjalannya. Game ini termasuk ke dalam jajaran game lawas yang desain grafisnya masih sangat jauh dari bentuknya saat ini. Namanya mulai terangkat lagi karena adanya masalah kontroversi logo tersebut.Logo Android

Terlepas dari betul tidaknya logo android itu meniru dari karakter yang di dalam game buata Epyx, logo itu memiliki arti yang sangat dalam untuk menggambarkan perjalanan android ke depannya. Dalam sejarahnya ternyata logo sistem operasi itu telah mengalami beberapa kali perubahan. Dan akhirnya terpilihlah logo yang saat ini dipakai oleh android.

Mengenal Apa itu Android Yang Belum Banyak Dikenal

Ada beberaoa filosofi dari balik log android yang ada saat ini. Yang kita ketahui bersama bahwa logo dari android adalah robot berwarna hijau dengan bentuk yang unik. Bentuk robot memiliki arti yaitu para pengguna android dapat mengubah atau memodifikasi perangkat android dengan mudah. Sistem open source yang diterapkan pada sistem operasi ini membuat siapa saja bisa memodifikasi baik dari tampilan, performa ataupun custom ROM.

Mengenal Apa itu Android Yang Belum Banyak Dikenal

Penggunaan warna hijau pada seluruh bodi robot ternyata memiliki arti bahwa sistem operasi android akan terus berkembang seiring perkembangan teknologi. Warna hijau memang mewakili sifat dari tumbuh dan berkembang. Dengan begitu sistem operasi android ini akan terus memiliki motivasi untuk terus berkembang sesuai dengan warna hijau ini.

Dua buah antenna kecil di atas kepala memiliki filosofi bahwa sistem operasi android dikhususkan untuk teknologi canggih yaitu ponsel pintar dan jjuga tablet. Selain itu filosofi dari dua antenna itu adalah sistem operasi android dapat mengelola data dengan baik.

Dua buah mata bulat memiliki arti bahwa sistem operasi android dapat melihat dunia secara langsung. Dalam artian dengan sistem operasi android ini para pengguna dapat menjelajahi dunia dengan adanya fitur online-nya.

Sedangkan arti lambang android yang terakhir adalah dua tangan lonjong di samping tubuhnya. Dua tangan ini memiliki arti bahwa sistem operasi android tidak hanya digunakan untuk ponsel kelas atas saja tapi untuk semua ponsel.

Itulah tadi filosofi dari robot hijau android

Pertanyaan apa itu android mungkin sering muncul di benar beberapa orang yang belum mengetahuinya. Bahkan di awal-awal kemunculannya hampir semua orang menanyakan pertanyaan itu. Sebagai salah satu sistem operasi untuk handphone yang berkembang saat ini, memang kita harus mengetahui lebih dalam apa yang disebut dengan android jika tidak ingin terlihat gaptek.

Apa itu Android?

Pertanyaan apa itu android akan dibahas sesaat lagi di beberapa kalimat selanjutnya. Bagi yang sudah mengetahui bisa menjadi bahan pengingat dan bagi yang belum bisa menjadi tambahan pengetahuan baru. Android pada dasarnya merupakan sebuah nama yang diberikan untuk sistem operasi yang berjalan di handphone dan tablet. Sistem operasi yang sekarang sudah dimiliki Google ini berbasis linux. Maka tak heran jika para pengembang aplikasi android menggunakan komputer berbasis linux dan segala turunannya untuk menciptakan sebuah program.

Sistem operasi android pertama kali dikenalkan ke publik pada tahun 2007 dan terus berkembang hingga sekarang. Akan tetapi nama android mulai dilirik banyak orang dari tahun 2010 dengan bermunculannya produk android. Logo android sendiri memiliki bentuk robot berwarna hijau dengan dua antenna di atasnya. Logo ini memiliki arti bahwa sistem operasi android merupakan sistem operasi khusus smartphone dan tablet. Dari sini pertanyaan apa itu android pelan-pelan sudah terjawab.

Selama perjalanannya sistem operasi android sudah mengalami beberapa kali upgrade dengan berbagai macam peningkatan. Nama-nama yang digunakan untuk memperkenalkan versinya menggunakan nama kue. Hal itu sama dengan turunan linux lainnya seperti Ubuntu yang menggunakan nama hewan langka. Penamaan versi android sesuai dengan abjad. Sebagai contohnya saat ini versi terbaru adalah Kitkat yang mana versi sebelumnya adalah Jelly Bean. Maka nama versi android setelah ini pasti diawali dengan huruf L.

Dalam sejarah yang membahas apa itu android, terungkap bahwa sudah beberapa kali android mengalami perubahan versi sistem operasinya. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, nama-nama itu dimulai dari huruf abjad paling depan. Nama versi android pertama kali dikenal dengan nama android versi 1.1. Di awal kemunculannya android memang masih bingung memberikan nama sehingga menggunakan kode saja. Tiba di upgrade ketiga android mulai menggunakan nama kue. Nama Cupcake dipakai untuk versi android 1.5. Kemudian di versi selanutnya yaitu 1.6 menggunakan nama Donut.

Versi setelah Donut adalah kue yang diawali dengan huruf E. Google menamainya dengan Éclair dengan nomro versi 2.0 dan 2.1. Update versi 2.2 dinamai dengan kue Froyo yang singkatan dari Frozen Yogurt. Versi Froyo diteruskan dengan Gingerbread dengan kode 2.3. Honeycomb dengan nomot 3.0 dan 3.1 menjadi versi selanjutnya. Lalu ada versi Ice Cream Sandwich dengan kode 4.0. Dan akhirnya diganti dengan versi 4.1 dan 4.2 Jelly Bean.  Kitkat dengan kode 4.4., Android Marshmallow, dan kini yang terbaru adalah Android Nougat, dan mungkin nanti kedepan nya akan ada lagi nama Android yang baru.

Itulah tadi pembahasan singkat mengenai sejarah android serta berbagai versi yang ada. Dengan begitu pertanyaan apa itu android sudah terjawab dan tidak membuat penasaran lagi. (Lihat: )