Mengatasi Masalah Yang Sering Terjadi Pada Smartphone Android

Mengatasi Masalah Yang Sering Terjadi Pada Smartphone Android via Android-Anyar.com – Kira-kira apa saja ya masalah yang kerap muncul di HP Android? Dan bagaimana sih tips dan trik cara mengatasi masalah yang terjadi dengan ponsel pintar kita? Simak ulasan selengkapnya di bawah ini ya.

Kebiasaan Buruk yang Membuat Smartphone Cepat Rusak:

Smartphone saat ini berlomba-lomba membuat produk yang tahan banting, mulai dari design dan hardware yang dibuat menggunakan bahan berkualitas tinggi yang mampu membuat Smartphone lebih awet. Namun kebiasaan buruk pengguna Smartphone membuat produk tahan banting tersebut cepat rusak.

Advertisement

Inilah beberapa kebiasaan buruk yang membuat Smartphone cepat rusak.

1. Proses Charging yang berlebihan
Kebiasaan buruk ini sering dilakukan hampir sebagian besar pengguna smartphone android. Terlalu sering melakukan charge dalam satu hari bisa membuat kinerja baterai Smartphone cepat rusak. Ada juga beberapa orang yang melakukan pengisian baterai pada malam hari dan dibiarkan hingga pagi hari.

2. Selalu Dalam Keadaan Hidup
Smartphone yang tidak pernah dimatikan atau direstart akan membuat kinerja hardware cepat rusak. Smartphone perlu dimatikan beberapa saat untuk menjaga ketahanan hardware didalamnya.

3. Charger KW
Penggunaan charger yang tidak original lama kelamaan akan membuat baterai cepat rusak dan berakibat fatal. Tidak sedikit kasus yang menggunakan charger KW membuat Smartphone terbakar bahkan meledak baterainya.

4. Tangan Tidak Bersih
Keadaan kondisi tangan yang lembab juga bisa merusak Smartphone, keringat dan debu pada tangan Anda bisa merusak bagian-bagian tertentu pada Smartphone

Hindari kebiasaan buruk diatas untuk menjaga kondisi Smartphone Anda. Kualitas Smartphone yang canggih akan percuma jika Anda masih melakukan salah satu kebiasaan buruk diatas. Jadilah pengguna Smartphone yang Smart.

Mengatasi Masalah Yang Sering Terjadi Pada Smartphone Android

Kadang kita mengalami masalah pada smartphone kita dan kita tidak tahu cara untuk mengatasinya. Biasanya sebagian orang akan langsung membawa smartphone mereka ke service center atau ke tempat service lain padahal biasanya masalah yang dihadapi adalah masalah yang sepele. Berikut tips dan trik untuk mengatasi masalah yang sering terjadi pada smartphone.

Mengatasi Masalah Yang Sering Terjadi Pada Smartphone Android

1. Baterai Lama Penuh

Sebagian pengguna mungkin pernah mengalami masalah saat mengisi baterai, kadang baterai akan lama terisi penuh atau bahkan tidak mengisi sama sekali. solusinya adalah :

a. Pastikan anda menggunakan charger asli. Karena setiap charger memiliki satuan volt atau ampere yang berbeda.

b. Cobalah untuk memindahkan stop kontak yang berbeda. Biasanya ketika stop kontak mengalami masalah, maka charger juga tidak akan bekerja maksimal.

c. Ketika baterai dalam keadaan kosong, biasakan untuk tidak langsung menghidupkan smartphone sesaat ketika anda melakukan proses pengisian. Biarkan smartphone anda terisi paling tidak 30 menit, setelah itu coba untuk dinyalakan kembali.

2. Wifi Tidak Bisa Tersambung

Kadang kala di saat membutuhkan koneksi internet, smartphone anda tidak bisa digunakan untuk browsing atau sangat lambat, Padahal sudah terhubung dengan wifi dengan koneksi yang lumayan cepat. Untuk memastikan smartphone anda tidak bermasalah coba solusi dibawah ini :

a. Pastikan perangkat wifi anda tidak bermasalah, coba menggunakan perangkat lain untuk browsing.

b. Cobalah untuk mengisi IP statik pada smartphone anda. Isikan Ip statik router anda.

c. Pastikan router anda sudah sinkron dengan smartphone yang anda gunakan. Googling untuk mempelajari cara setting MAC pada router.

3. Layar Menjadi Tidak Sensitif atau Sangat Sensitif

Kadang layar smartphone menjadi tidak responsif atau bergerak dengan sendirinya tanpa disentuh. Untuk memastikan masalah ini bukan terdapat pada kerusakan perangkat, pastikan anda sudah mencoba hal ini :

a. Pastikan jari tidak dalam keadaan basah atau lembab. Sebagian smartphone tidak dirancang untuk merespon sentuhan pada saat keadaan jari sedang basah.

b. Matikan smartphone anda dan tunggu beberapa saat, kemudian hidupkan kembali. Sebagian smartphone akan melakukan kalibrasi ulang pada saat dimatikan.

c. Coba cek settingan smartphone anda, apakah secara tidak sengaja anda telah melakukan peningkatan pengaturan layar sentuh. Pastikan dalam mode normal atau medium.

d. Kembalikan ke pengaturan pabrik untuk memastikan gangguan tersebut bukan berasal dari aplikasi yang anda install.

Baca juga: