Cara Nge-charge Smartphone Android Yang Benar Agar Awet

Cara Nge-charge Smartphone Android Yang Benar Agar Awet Android-Anyar.com – Penggunaan smartphone dewasa ini tentu sudah menjadi bagian penting bagi sebagian kalangan, penggunaan cara nge-charge yang baik dan benar pun hanya digunakan oleh beberapa orang yang peduli akan daya tahan baterainya, Mungkin masih banyak yang belum mengetahui bagaimana seharusnya bisa memelihara keawetan pada ponsel pintar yang kita punyai.

Mungkin dalam jangka waktu yang dekat , kita belum merasakan dampaknya, namun mungkin akan terasa beberapa bulan kedepan, dalam melakukan pengecasan baterai pada ponsel pintar, tentu saja ada aturan yang harus di ketahui oleh para pengguna nya, segala sesuatu yang di jalankan dengan mengikuti peraturan, maka kemungkinan besar tidak akan beresiko.

Banyak kabar yang saya dengar, ada beberapa kasus yang sudah menimpa banyak pengguna ponsel pintar mengenai pengisian daya, salah satu nya adalah yang sering terjadi adalah, kerusakan pada ponsel, karena biasa nya orang melakukan pengecasan pada malam hari, dan mencabut nya pada pagi hari, sudah jelas itu yang mengakibatkan rusak pada ponsel pintar tersebut.

Cara Nge-charge Smartphone Android Yang Benar Agar Awet

Dan kesempatan kali ini, saya akan memberikan beberapa informasi meganai cara mengisi daya pada ponsel pintar dengan benar dan baik, yang tentu saja tidak memiliki banyak resiko, Berikut ini Tips bagi pengguna smartphone yang ingin menjaga kualitas baterainya agar lebih tahan lama dalam masa penggunaannya.

Cara Nge-charge Smartphone Android Yang Benar Agar Awet

1.  Jangan Biarkan Baterai Habis Total

Baterai smartphone android jangan terlalu sering dibiarkan habis total atau kosong, sebaiknya melakukan pengisian ulang ( charging ) pada kondisi baterai masih 10% 30%, kondisi ini jika dibiarkan terlalu sering maka akan merusak kinerja baterai itu sendiri. Dan diperlukan juga sesekali membiarkan baterai Smartphone habis total untuk menjaga kalibrasi baterai. Yang perlu diingat juga, jangan melakukan pengisian pada saat baterai masih pada kondisi di atas 50% atau lebih.

2. Selalu Gunakan Charger Asli Smartphone Anda

Banyak pengguna smartphone yang menganggap bahwa semua charger dengan PORT yang sama pasti bisa juga digunakan di semua tipe smartphone, penggunaan charger jenis ini tentunya dapat merusak kualitas baterai smartphone anda. Yang perlu diperhatikan adalah Voltage dan Ampere charger tersebut, tidak semua charger yang beredar dipasaran mempunyai kualitas bagus, biasanya charger palsu atau bajakan  menampilkan ukuran dibelakangnya, namun jika diukur menggunakan alat ukur volt ampere biasanya hasil yang tampil tidak sesuai. Alasan untuk menggunakan charger asli adalah ukuran volt dan ampere nya sudah pasti sesuai.

3. Hindari Mengisi Baterai ( Nge-charge ) Semalaman

Kebiasaan buruk yang sering dilakukan oleh sebagian pengguna smartphone adalah mengisi baterai dan kemudian meninggalkannya untuk tidur. Cara ini dinilai tidak Smart menurut beberapa peneliti. Sebagian pengguna smartphone akan beranggapan bahwa mengisi baterai dari malam hingga pagi adalah hal tepat untuk mengoptimalkan pengisian baterai. Padahal cara ini dinilai akan cepat merusak kondisi baterai.

4. Suplai Power Yang Cukup

Biasanya pengguna smartphone akan melakukan aktifitas pengisian baterai melalui port komputer, laptop atau powerbank. Hal ini menyebabkan power yang digunakan tidak sempurna dan tidak cukup untuk baterai smartphone itu sendiri. Bandingkan pengisian mengunakan charger melalui stop kontak langsung dan melalui usb laptop. Maka yang terjadi adalah lebih cepat pengisian melalui charger langsung daripada melaui port usb yang tidak terukur jelas powernya.

Baca:

Nah 4 Cara tersebut, bisa anda cermati dengan baik dan anda terapkan dalam merawat ponsel pintar yang anda gunakan, semoga bermanfaat.