Cara Mengembalikan File Yang Hilang di Smartphone Android

Cara Mengembalikan File Yang Hilang di Smartphone Android – Android-Anyar.com ~ Tanpa sengaja menghapus satu file penting rasanya menjadi momok tersendiri. Yang sayangnya, bukan sekali dua kali dilakukan oleh nyaris semua pengguna smartphone. Untungnya saat ini terdapat beberapa aplikasi android yang dapat digunakan untuk mengembalikan file yang hilang tersebut. Salah satunya, DiskDigger.

Diantara banyak aplikasi restore yang lain, DiskDigger bisa dikatakan menjadi yang paling populer digunakan. Aplikasi satu ini dapat mengembalikan file yang hilang dengan berbagai format, mulai dari jpg, .png,  hingga .mp4 dari memori internal maupun eksternal. Memang kebanyakan aplikasi restore hanya dapat mengembalikan file-file dengan format itu saja. Pasalnya pula harus diakui bahwa file multimedia seperti foto, musik dan video lah yang paling sering tanpa sengaja terhapus.

Cara menggunakan aplikasi ini sebenarnya sangat mudah. Hanya saja pertama-tama pastikan ponsel Anda sudah di root terlebih dahulu. Karena memang aplikasi DiskDigger memerlukan low-level akses ke data-data terdalam dari ponsel android.

Cara Mengembalikan File Yang Hilang di Smartphone Android

Cara Mengembalikan File Yang Hilang di Smartphone Android

Pastikan ponsel anda sudah melalui proses Root yang pertama, dan hanya itu saja syarat untuk bisa menggunakan Aplikasi Bernama DiskDigger , jika memang ponsel anda belum melakukan Root, maka harus anda lakukan terlebih dahulu untuk Root ponsel anda, silakan lihat di : Cara Melakukan Root Ponsel Android.

Setelah anda selesai melakukan Root, seperti yang saya berikan cara nya di link atas tersebut, maka anda sudah bisa melakukan Download aplikasi DiskDingger tersebut, sebetul nya kalau hanya melakukan Download saja, itu tanpa harus Root juga bisa, namun untuk menjalankan aplikasi tersebut, butuh Akses Root pada ponsel anda.

1. Pertama Anda perlu memiliki aplikasi DiskDigger versi terbaru lebih dulu. Jalankan aplikasi dan perbolehkan aplikasi menggunakan Superuser permissions. Setelah itu, tap pada tombol Refresh list bila aplikasi tak mendeteksi adanya storage devices atau lebih mudah lagi bila ketikan secara manual nama dari storage Anda.

Setelah itu pilih lokasi dimana Anda ingin aplikasi melakukan scanning data yang hilang, dan tap pada tombol Scan device. Perlu dicatat bahwa biasanya internal storage akan menggunakan nama /data dan memory card bernama /mnt/sdcard.

2. Ketika proses scanning berlangsung, jendela utama aplikasi akan terbuka dan memperlihatkan progres dari scanning. Setelah itu akan nampak files apa saja yang ditemukan. Nah Anda hanya perlu men-tap pada tiap file untuk menampakan preview.

3. Setelah proses scanning benar-benar selesai, tap tombol Filter untuk mengatur recoverable files berdasarkan ukuran. Sedangkan bila Anda mencentang box di samping file, akan membuat file tersebut nampak atau hilang dari daftar yang akan Anda recover nantinya.

4. Setelah menemukan file yang Anda cari, DiskDigger akan memberi pilihan untuk Anda melakukan recover ke email, FTP server atau langsung menyimpannya di memori smartphone. Pilih file yang Anda cari dan tap pada tombol yang ada disisinya.

Bila Anda memilih melakukan recovery ke email, maka DiskDigger akan membawa file menjadi file .zip attachment ke default email pada smartphone. Sedangkan bila Anda memilih melakukan recovery ke FTP, maka Anda harus menginput server address dan melakukan proses login terlebih dahulu. Terakhir melakukan recovery langsung dengan menyimpan ke internal memori atau external SD card.

Baca:

Dengan cara – cara mudah di atas, saya yakin anda bisa mengembalikan File apapun yang sudah terhapus dari ponsel anda, jadi  kalau anda teledor menghapus baik di sengaja maupun tidak di sengaja, maka ini lah solusi nya.