Alasan Untuk Tidak Melakukan Root Smartphone Anda

Alasan Untuk Tidak Melakukan Root Smartphone Anda Android-Anyar.com – Dalam rangka melakukan kostumisasi pada ponsel pintar yang anda gunakan , untuk ponsel android yang dinamakan Root, memang sangat membantu anda dalam beberapa hal , selain itu juga anda bisa mendapatkan banyak keuntungan, seperti hal nya anda bisa dengan mudah mengubah apa saja yang ada pada ponsel anda, dan juga mendukung segala hal pada ponsel yang sudah melakukan Root tersebut.

Seperti contoh ada aplikasi yang di khusus kan untuk pengguna ponsel yang sudah melakukan Root, pasti jika anda sudah melakukan Root, maka anda akan bisa menikmati aplikasi tersebut, namun kalau anda belum melekukan Root, tentu saja anda tidak bisa menggunakan aplikasi tersebut, namun bagi pengguna yang sudah melakukan Root, juga masih bisa menggunakan aplikasi yang lain pada umum nya.

Jadi pengguna Root akan lebih banyak mendapatkan keuntungan, dengan cara bisa menggunakan aplikasi Root, dan juga Non Root.

Advertisement

Alasan Untuk Tidak Melakukan Root Smartphone Anda

Sebelumnya sudah dijelaskan soal cara rooting dan keuntungan melakukan rooting pada smartphone dan pada Kali ini android-anyar.com ingin berbagi soal 4 alasan untuk tidak melakukan root smartphone anda.

Inilah Alasan Untuk Tidak Melakukan Root Smartphone Anda

Bagi anda yang ingin melakukan rooting pada smartphone anda, pertimbangkan 4 hal berikut ini :

1. Risiko Keamanan

Dengan mendapatkan akses root, anda mendapatkan total kontrol atas seluruh sistem. Dengan menggunakan aplikasi yang tepat, anda bisa melihat dan memodifikasi hampir parameter apapun yang pada perangkat anda. Ini adalah alasan kenapa beberapa aplikasi seperti SuperSU, membutuhkan akses root untuk bekerja dengan maksimal. Namun, akses root adalah ibarat pedang bermata dua. Anda tidak bisa mencegah aplikasi berbahaya yang masuk pada perangkat anda. Akses root yang tidak anda pahami secara benar dapat mendatangkan masalah pada sistem seperti file sistem dapat rusak atau terhapus.

2. Garansi

Ucapkan selamat tinggal pada garansi perangkat anda. Root bukanlah askes yang diizinkan oleh pengembang  atau produsen, ketika anda melakukan root maka secara otomatis garansi pada perangkat anda akan hilang. Beberapa perangkat, seperti Samsung yang bahkan memiliki flash kontra yang dibangun mereka untuk melacak apakah seorang pengguna telah merusak firmware atau aplikasi tidak resmi telah diinstal dan Samsung dapat memeriksa meskipun perangkat anda telah Unrooted atau terkunci lagi.

Sementara ada metode unroot untuk mengembalikan sistem kembali ke awal, tidak ada jaminan bahwa pihak pemberi garansi tidak akan melacaknya. Bukan berarti semua klaim garansi akan ditolak setelah anda melakukan rooting, tetapi semua hal yang berhubungan dengan softbricking kemungkinan akan ditolak ketika anda melakukan klaim garansi.

3. Masalah Update

Masalah lain yang akan menghampiri ketika root sudah dilakukan adalah pembaruan sistem secara otomatis akan berhenti, kemudian anda tidak bisa melakukan update secara OTA. Namun anda masih mengupdate perangkat anda secara manual, cara ini dinilai tidak praktis. Dan setiap kali ada update firmware terbaru, anda akan melakukannya dengan cara manual.

4. Tidak semua perangkat sama

Anda mungkin sudah membaca artikel cara melakukan root dan unroot, bahkan keuntungan dan kerugiannya. Yang perlu diperhatikan adalah tidak semua perangkat sama, ketika anda mendownload semua file dan aplikasi yang di butuhkan untuk melakukan rooting belum tentu file tersebut support dengan sistem yang ada pada perangkat anda. Hal ini akan membuat perangkat anda bekerja tidak maksimal setelah di root. Itulah Alasan Untuk Tidak Melakukan Root Smartphone Anda. (Lihat: )