10 Aplikasi GPS dan Navigasi Terbaik untuk Android Petunjuk Jalan

10 Aplikasi GPS dan Navigasi Terbaik untuk Android – Android-Anyar.com  ~ Berbicara tentang berbagai aplikasi navigasi, para pengguna smartphone android pastinya bisa langsung berpikir tentang Google Maps yang sudah banyak di kenal oleh para pengguna smartphone. Memang aplikasi bawaan dari Google tersebut paling dikenal dan paling banyak digunakan sebagai aplikasi GPS di ponsel android. Walau begitu, di Play Store ada banyak aplikasi GPS dan navigasi, yang tanpa diduga mungkin memiliki fitur lebih baik dari pada Google Maps.

Lalu aplikasi navigasi apa saja yang terbaik di Play Store? berikut saya berikan 10 rekeomendari aplikasi GPS yang bisa anda pilih sesuai kesukaan anda.

10 Aplikasi GPS dan Navigasi Terbaik untuk Android

10 Aplikasi GPS dan Navigasi Terbaik untuk Android

BackCountry Navigator GPS Pro
Di urutan pertama kami ada BackCountry Navigator. Aplikasi ini paling cocok digunakan untuk pengguna tipe hiker atau yang memiliki minat pertualangan. Harga yang dipatok oleh pengembang memang termasuk mahal, tapi cukup sebanding dengan serangkaian fitur yang didapat.

Advertisement

Yang paling menarik pada aplikasi ini, hampir semua fitur tak membutuhkan data koneksi. Karena itulah aplikasi ini paling cocok digunakan para petualang yang pastinya sering tak mendapat jaringan. BackCountry Navigator menampilkan peta topografi, dari banyak negara, dan ada fitur dimana pengguna dapat memberi tanda-tanda tertentu pada suatu wilayah.

GPS Essentials
Masing-masing aplikasi navigasi memang memiliki satu keunggulannya sendiri. Bila misalnya BackCountry Navigator mengandalkan kemampuannya bekerja secara offline, maka GPS Essentials lebih mengedepankan informasi data yang lengkap bagi penggunanya. Pada bagian dashboard, pengguna dapat menemukan kecepatan pergerakan rata-rata, jarak tempuh, ETA to destination, hingga fase bulan serta beragam status lain yang berguna. Selain itu ada fitur HUD yang mampu menunjukan arah ke tujuan.

GPS Navigation BE-ON-ROAD
Aplikasi GPS berikutnya adalah yang wajib dimiliki buat anda pengguna ponsel pintar adalah GPS Navigation. Aplikasi ini memang masih dalam tahap penyempurnaan terlihat pada masih seringnya muncul bugs, dan peta yang belum lengkap. Tapi secara keseluruhan, aplikasi navigasi ini bisa dibilang mampu menunjukan arah dengan sangat tepat dibanding aplikasi lain. Tiap jalan dan belokan terlihat di peta sehingga pengguna pun dapat menemukan arah dengan lebih baik. Aplikasi ini pun dapat diakses dengan cepat dan ringan.

MapFactor: GPS Navigation
Aplikasi MapFactor pun sangat berguna sebagai penunjuk lokasi tujuan, terutama bagi pengguna yang kesulitan mengakses Google Maps. Kelebihan dari aplikasi ini, pengguna dapat mengunduh peta dan disimpan ke memory SD Card. Tentunya peta tersebut dapat diakses kemudian secara offline.

Selain itu, aplikasi ini sudah mendukung data dari OffStreetMap, sehingga memiliki peta hampir semua negara di seluruh dunia. Walaupun tidak  selengkap yang ada pada aplikasi  Google Maps.

MapQuest: Maps, GPS, and Traffic
Beberapa tahun lalu, pengguna internet tentu sudah akrab dengan aplikasi navigasi dan peta dari MapQuest ini. Dan ternyata, MapQuest tidak semuanya tergeser dengan ada nya Maps yang di kembangkan oleh Google yaitu Google Maps, karena kini sudah ada di Play Store.

MapQuest hadir menunjukan arah dalam satu kali perjalanan dengan tepat dan efisiens. Selain itu, aplikasi ini pun mampu menampilkan laporan keadaan jalan raya di sekitar pengguna, re-routing, hingga menemukan dimana pengguna dapat mengisi bensin di sepanjang arah perjalanan. Cukup berguna, dan pastinya banyak pengguna yang terasa familiar dengan fungsi serta fitur-fitur yang ditawarkan.

(Google) Maps
Google Maps. Hampir semua pengguna android pasti secara rutin menggunakan aplikasi Google Maps, entah hanya untuk mengecek peta, hingga untuk fitur navigasinya sendiri. Untungnya, aplikasi maps dari Google ini bisa dikatakan lebih baik dibanding aplikasi map bawaan dari sistem operasi lain.

Google Maps pun menawarkan serangkaian fitur menarik untuk penggunanya. Mulai dari adanya dukungan untuk detail peta jalan di seluruh dunia, fitur Street View yang sangat berguna, detail informasi untuk lebih dari 100 juta tempat di dunia, dan pengguna pun dapat menggunakan Google Maps secara offline dengan mengunduh peta. Tapi dengan catatan, fitur ini hanya dapat digunakan selama 14 hari saja.

Baca:

Dibalik itu semua, kehebatan lain dari aplikasi Google Maps mampu menunjukan arah dengan keakuratan hampir sempurna. Pada setiap belokan dan tikungan dapat ditunjukan dengan tepat. Hal ini mungkin karena adanya dukungan dari fitur Street View.  Selain itu jangan lupa, aplikasi ini didapat secara gratis oleh pengguna smartphone android dan biasanya sudah terinsal secara bawaan.

Navigate 6
Navigate 6 hampir sama seperti aplikasi navigasi lain, menunjukan lokasi dengan cara menunjukan arah dengan detail. Aplikasi ini pun menyediakan fitur offline maps. Yang unik dari aplikasi ini justru adanya dukungan dari Wikipedia, dan fitur yang menampilkan perkiraan cuaca. Ada satu hal lagi, pada Aplikasi Navigate 6 ini, yang itu bisa menampilkan Grafik 3D paling bagis di antara aplikasi-Aplikasi Gps yang lain nya.

Polaris Navigation GPS
Polaris bisa dibilang sebagai aplikasi yang memiliki akses ke banyak aplikasi navigasi lain, termasuk ke Google Maps, OpenStreetMaps, MapQuest maps, dan Cycle Route Maps. Selain hal tersebut , Pilaris memiliki beberapa format yang menarik, seperti Koordinat, merekan jejak dan juga sistem pada manajemen Waypoint yang sangat unik.

Sygic: GPS Navigation and Maps
Saat ini bisa dibilang Sygic menjadi aplikasi yang paling banyak diunduh. Saat ini saja tercatat sudah lebih dari 10 juta pengguna yang melakukan pengunduan untuk Sygic.

Aplikasi satu ini bisa dibilang memiliki fitur yang lengkap, mulai dari offline mode, petunjuk arah yang lengkap, hingga voice guided directions yang dapat digunakan ketika pengguna menyetir, cukup menyebut lokasi Tujuan anda begitu saja, dan selain itu juga, Aplikasi GPS ini pun akan menunjukan jalan alternatif saat anda terjebak macet.

Waze Social GPS Maps & Traffic
Aplikasi ini saat ini telah menjadi milik Google, dan juur saja, menjadi lebih menarik. Bisa dibilang, Waze merupakan penyempurnaan dari Google Maps, dimana ada fitur-fitur seperti real time traffic, hingga menunjukan letak pengisian bensin dan lain-lain.